Apa itu "papercraft"..?

Apakah diantara kalian ada yang sudah tau apa itu papercraft..?? ya.. papercraft atau yang sering disebut juga papermodel atau paper modelling merupakan salah satu bentuk dari origami. Dalam pembuatan origami atau yang lazim disebut dengan seni melipat kertas, kita hanya membuat suatu benda dengan melipat kertas origami tersebut, namun agak berbeda dengan papercraft. Di dalam pembuatan papercraft, kita juga melakukan melipat, menggunting, serta menge’lem’ kertas yang akan kita jadikan suatu model benda tertentu.

History


Mengutip dari wikipedia.org, sejarah paper modelling dimulai dari awal abad ke-20 dalam sebuah majalah. Lalu menjadi semakin popular selama Perang Dunia II dikarenakan kertas merupakan salah satu dari beberapa benda yang dipakai dan diproduksi pada masa itu.

Sekarang ini, papermodel sangat dikenal di Jepang, Eropa, bahkan Amerika. Semenjak papermodel menjadi mudah untuk dibuat dan dicetak, internet pun menjadi salah satu tempat untuk mendapatkan paper modeling tersebut, karena di internet tersedia ratusan model dari kerta yang siap untuk dicetak pada printer dan dibuat menjadi model kertas secara utuh.


Pembuatan papercraft


Dalam membuat papercraft atau papermodel kita membutuhkan alat-alat sebagai berikut:
• Color printer : digunakan untuk mencetak pola model yang akan dibuat. Pola ini bisa didapatkan di link berikut paper-replika.com, salazad.com
• Gunting : digunakan untuk menggunting bagian yang memiliki bentuk pola lengkung.
• Tracer : *(atau bisa diganti dengan ballpoint yang telah habis tintanya) digunakan untuk memudahkan melipat bagian dari kertas dengan menggariskan ballpoint tersebut pada bagian pola yang akan dilipat
• Lem
• Cutter
• Penggaris : digunakan sebagai alat bantu tracer
• Alas cutter : untuk membuat mata pisau cutter tidak cepat rusak dan sebagai alas untuk memotong.

Untuk membuatnya, cukup kalian gunting dan tempel pola yang sudah kalian download dari link di atas sesuai dengan bentuk yang ada.

Nih.. contoh papercraft yang sudah pernah saya buat (*saya rakit lebih tepatnya.. lol)





Nah, sekarang kalian sudah pada tau kan apa itu papercraft..??
Selamat mencoba ya.. *hasil bergantung pada ketelitian dan kerapihan kalian dalam membuatnya. Hehe..

2 comments:

Anonim mengatakan...

saya juga udah pernah coba buat gundam .
hehhehe

Rydh Frds mengatakan...

wah, bagus tuh..
kalo buat Gundam kan agak ribet juga tuh tiap 'parts'nya..
mantep mantep!

Posting Komentar