Implementasi Sistem Informasi [soft-skill3]

Keterkaitan Antara Sistem Informasi Geografis
dengan
Implementasi Sistem Informasi



Pada postingan kali ini akan dibahas mengenai kaitan antara Sistem Informasi Geografis dengan Implementasi Sistem Informasi. Berdasarkan postingan saya sebelumnya yaitu pada postingan soft-skill 1 dan soft-skill 2, antara Sistem Informasi Geografis dan Implementasi Sistem Informasi jelas terdapat hubungan erat dilihat dari keduanya yang sama-sama memiliki sebuah sistem.

Pada postingan soft-skill 2, disebutkan bahwa

Sistem Informasi Geografis terbagi menjadi tiga kelompok yaitu:
  • Alat masukan (input) sebagai alat untuk memasukkan data ke dalam jaringan komputer. Contoh: Scanner, digitizer, CD-ROM.

  • Alat pemrosesan, merupakan sistem dalam komputer yang berfungsi mengolah, menganalisis dan menyimpan data yang masuk sesuai kebutuhan. Contoh: CPU, tape drive, disk drive.

  • Alat keluaran (ouput) yang berfungsi menayangkan informasi geografi sebagai data dalam proses SIG. Contoh: VDU, plotter, printer.


Dari hal tersebut di atas, terlihat bahwa pada Sistem Informasi geografis terdapat "input - proses - output" yang merupakan salah satu bentuk paling sederhana dalam sebuah Sistem Informasi. Maka dapat ditarik kesimpulan bahwa sebuah sistem, dalam hal ini yaitu Sistem Informasi diterapkan atau diimplementasikan dalam sebuah Sistem Informasi Geografis.

0 comments:

Posting Komentar