Keep Your Balance!

Ilmu Budaya Dasar
Riyadh Firdaus
17110167
4KA18
"Manusia dan Tanggung Jawab"


Setiap manusia di dunia ini pasti dikaruniai oleh yang kita sebut "Hak dan Kewajiban". Setiap insan memiliki hak untuk hidup, berpendapat, mendapatkan sesuatu, dan lain-lain bahkan sejak saat bayi pun kita sudah mendapatkan hak kita untuk hidup. Dan setiap hak bagi setiap orang, juga dibatasi oleh hak orang lain yang sama, sehingga setiap orang tidak semena-mena dalam melakukan sesuatu atau dalam menuntut haknya. Namun, untuk mencapai segala hak yang kita inginkan tersebut ada konsekuensi tersendiri yang menyeimbangkan agar ada kontrol sosial yang mengatur hak setiap orang, yaitu kewajiban. Kewajiban tersebut meliputi tanggung jawab pada setiap diri manusia, yang kapasitasnya tergantung dari banyak faktor. Misalnya, sebagai seorang pelajar, memiliki hak untuk mendapatkan nilai yang bagus, meraih prestasi sebagai pengakuan dari lingkungan. Namun untuk mencapai haknya tersebut, sang pelajar berati telah menempatkan kewajiban yang harus dijalaninya, yaitu melakukan tanggung jawabnya untuk belajar dan menjunjung sportifitas untuk meraih prestasinya.

Judul dari postingan ini "Keep Your Balance!" maksudnya kita sebagai manusia harus menyeimbangkan antara hak dan kewajiban, antara keinginan dan tanggung jawab. Perihal tanggung jawab, juga sangat erat korelasinya dengan tingkat kekuasaan. Jadi teringat salah satu quotes dalam film Spiderman 3 yaitu:

"As comes great power, come great responsibility"

Maksud dari quotes tersebut yaitu bahwa seiring kekuatan atau kekuasaan yang kita miliki, kita juga telah mengemban tanggung jawab sebesar kekuatan atau kekuasaan itu sendiri.

Contoh nyata saat ini yaitu, saya memiliki hak untuk mendapatkan nilai yang baik pada mata kuliah Ilmu Budaya Dasar. Namun berarti saya harus mengerjakan tugas melakukan posting ini sebagai kewajiban (tanggung jawab) saya terhadap tugas yang dimaksud. Hehehe :D

2 comments:

Putri Januarini mengatakan...

ujung-ujungnya apa itu maksudnya*alis naik sebelah!

Rydh Frds mengatakan...

ahaha, ya biar tergugah hatinya pak dosen.
ya pak?
*saya ngerjain sendiri lho pak, tulisan hasil karya sendiri* (curcol) :))

Posting Komentar