Sukses Dalam Ujian

Ilmu Budaya Dasar
Riyadh Firdaus
17110167
4KA18
"Manusia dan Harapan"


Saat ini para siswa SMA sedang berjibaku melakukan segala daya dan upayanya untuk mencapai keberhasilan mereka dalam menamatkan jenjang pendidikan sekolah menengah atas mereka pada Ujian Nasional. Mereka cuma memiliki harapan bahwa mereka dapat lulus Ujian Nasional dengan nilai terbaik sehingga dapat masuk ke perguruan tinggi favorit yang akan membuat kedua orang tua mereka bangga. hal ini juga saya alami saat SMA dulu.

Saat SMA dulu, saya bersekolah di SMA Negeri 34 Jakarta Selatan yang saat itu merupakan salah satu SMA unggulan di Jakarta. Di sana banyak sekali pelajaran yang saya dapat. Dan salah satu yang membuat saya bangga yaitu tingkat persaingan akademis di sana yang cukup tinggi sehingga jika kita terlibat di dalamnya, seakan jika kita tidak dapat mengikuti persaingan tersebut, maka sungguh sangat tertinggal dan itu sangatlah memalukan. Hal tersebut yang banyak memotivasi saya untuk mencapai target-target akademis yang saya buat sendiri.

Saat saya SMA dulu, dalam Ujian Nasional cuma ada tiga mata pelajaran yang diujikan yaitu Bahasa Indonesia, Bahasa Inggris, dan Matematika (kalau tidak salah ingat). Saya pun mengikuti les atau bimbingan belajar demi mencapai nilai yang bagus saat ujian. Begitu pula hal yang dilakukan teman-teman saya, bahkan ada yang sampai mengikuti bimbingan belajar di dua tempat sekaligus. Selain untuk dapat lulus Ujian Nasional, saya dan teman-teman juga berencana mengikuti SPMB (Sistem Penerimaan Mahasiswa Baru) untuk dapat diterima di Perguruan Tinggi Negeri favorit dengan harapan dapat memiliki jaringan pertemanan yang cukup luas karena biasanya orang-orang yang diterima di Perguruan Tinggi Negeri favorit berasal dari berbagai daerah dan berbagai kalangan yang pastinya merupakan orang-orang terpilih. Berbekal jaringan yang luas tersebut, kami berharap dapat memiliki pekerjaan yang sangat baik nantinya. Ya, setidaknya itu adalah wacana kami sehari-hari saat SMA dulu.

Saya pun belajar dengan sungguh-sungguh agar dapat lulus Ujian Nasional kemudian lulus SPMB dan diterima di Perguruan Tinggi Negeri favorit. Ya, itulah harapan saya! Dan saya akhirnya berhasil lulus Ujian Nasional dengan sangat memuaskan menurut saya. Saya mendapat jumlah nilai 26,25 untuk ketiga mata pelajaran tersebut yang berarti nilai rata-ratanya hampir mencapai 9. Bahkan tidak sedikit pula teman saya yang salah satu nilai mata pelajaran mencapai nilai sempurna, nilai 10. mereka belajar sangat keras kiranya. Namun, sepertinya saya terlena dengan kepuasan tersebut dan saya mulai tidak serius belajar untuk menghadapi SPMB (Sistem Penerimaan Mahasiswa Baru) yang akan diadakan beberapa bulan setelahnya. Dan akhirnya saya tidak lolos dalam seleksi penerimaan mahasiswa tersebut.

Pelajaran yang saya ambil dari pengalaman tersebut yaitu, untuk mencapai harapan-harapan akan sesuatu, diperlukan usaha yang sangat keras dan sungguh-sungguh.

4 comments:

Putri Januarini mengatakan...

tapi kan lo jadi ketemu kita2 di kampus tercinta yad.halah!hahaha

Rydh Frds mengatakan...

ahaha, iya put..
sudah menjadi takdir mungkin put, ketemu sama kalian..
and i love my destiny!
ahaha.. :))

Unknown mengatakan...

hmmm, membanggakan SMA itu membetekan juga buat yg baca, ckckckckck

chikimo mengatakan...

terimkasih informasinya.artikelnya sangat menarik.salam st3telkom

Posting Komentar